Panduan Investasi Emas Antam Terbaik Untuk Pemula


Investasi emas antam merupakan salah satu cara terbaik untuk memperoleh keuntungan financial yang terbilang cukup besar dan stabil. Emas juga termasuk logam mulia yang banyak diminati oleh semua kalangan masyarakat.

Tak heran jika emas menjadi salah satu cara tepat berinvestasi terbaik karena mempunyai kecenderungan harganya yang terus naik setiap tahunnya.

Penjelasan Tentang Investasi Emas

Investasi emas adalah investasi yang dijalankan untuk memperoleh keuntungan di masa mendatang menggunakan emas sebagai media investasinya.

Banyak orang lebih memilih emas sebagai media investasi dikarenakan mereka menginginkan cara investasi yang mudah serta aman. Disamping itu, investasi emas juga sebagai cara terbaik untuk menghindari inflasi.

Pada dasarnya investasi emas bukan ditujukan untuk keperluan jangka pendek, melainkan untuk keperluan jangka panjang. Misal untuk keperluan persiapan pendidikan anak, untuk keperluan membeli rumah, persiapan dana pensiun, untuk keperluan umroh dan haji bagi seorang muslim.

Sebagai gambaran pada tahun 2003, pada saat itu harga emas masih di kisaran Rp 130 ribu - Rp 150 ribu per gramnya. Kemudian pada tahun 2010 harganya mengalami kenaikan mencapai  300%  menjadi Rp 390 ribu - Rp 420 ribu per gram.

Pada tahun 2011 mengalami kenaikan lagi menjadi Rp 500 ribu per gram. Dan sekarang tahun 2017 masih di bulan Mei sudah mencapai Rp 585 ribu - Rp 600 ribu.

Dari data di atas bahwa harga emas selalu mengalami kenaikan setiap tahunnya, dan bukan tidak mungkin 5 - 10 tahun yang akan datang harga emas bisa mencapai Rp 1 juta. Secara sederhana saja kalau dihitung kenaikan 10% per tahun, untuk mencapai harga Rp 1 juta hanya butuh waktu 6 tahun dari sekarang.

Jenis Emas Yang Cocok Dijadikan Investasi



Jika anda sudah berniat untuk berinvestasi dalam bentuk emas, maka anda tentu harus memahami dengan baik mana jenis yang tepat untuk dijadikan investasi antara emas batangan atau emas perhiasan. Kedua jenis emas tersebut tentu memiliki keunggulan masing-masing sehingga anda harus cermat dan tepat dalam memilih untuk berinvestasi.

Pemilihan jenis emas yang akan digunakan untuk berinvestasi akan berpengaruh terhadap hasil yang akan diperoleh nantinya, karena itu harus dipertimbangakan sejak awal agar investasi anda berhasil. Banyak juga yang merasa bingung memilih jenis emas yang cocok untuk dijadikan investasi dari kedua jenis emas tersebut.

Namun jika tujuan utamanya adalah untuk investasi murni, lebih baik memilih jenis emas batangan yang mempunyai harga jual lebih stabil.

Memilih Emas Batangan Terbaik

Tentunya dalam memilih emas batangan yang akan dijadikan investasi harus sesuai dengan pasar Indonesia. Hal ini dimaksudakan agar proses pembelian dan penjualannya tidak mengalami kesulitan.

Di Indonesia emas batangan Antam lebih banyak diminati untuk dijadikan investasi. Emas antam adalah emas batangan yang diprosuksi oleh PT. Aneka Tambang ( ANTAM ).


Emas batangan yang diproduksi oleh PT. ANTAM mulai dari berat 1 gram, 2 gram, 2.5 gram, 3 gram, 4 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, 100 gram, 250 gram, 500 gram dan 1000 gram ( 1 kilo ).

Emas batangan Antam sendiri mempunyai kadar kemurnian hingga 24 karat ( 99.99% ) dan mempunyai ciri-ciri khusus yang sulit dipalsukan. Setiap emas batangan antam mempunyai sebuah sertifikat yang menjelaskan tentang emas tersebut meliputi dimensi emas, berat emas, kadar kemurnian emas dan terdapat nomor seri di dalam sertifikat emas tersebut.

Untuk menghindari penipuan ketika membeli emas, disarankan agar membeli emas antam pada tempat - tempat yang ditunjuk menjadi distributor resmi untuk memasarkan emas antam.

Baca juga : Disini Tempat Aman Jual Beli Emas di Indonesia

Cara Investasi Emas Batangan Antam



Untuk berinvestasi emas batangan ada bebrapa cara yang bisa anda lakukan, tentunya harus anda pertimbangkan dari awal teknik seperti apa yang harus anda terapkan. Jangan sampai salah langkah dalam memilih teknik berinvestasi emas batangan antam.

Berikut ini beberapa teknik investasi emas batangan antam yang bisa anda pilih :

1. Menggunakan teknik klasik

2. Dengan cara menabung

3. Dengan cara gadai emas

4. Dengan cara berkebun emas

5. Dengan cara trading forex

Dari teknik-teknik tersebut silahkan sesuaikan dengan keinginan anda, dan pilihlah yang tidak banyak menimbulkan resiko terbesar.

Baca juga : 6 Cara Investasi Emas Batangan Yang Menguntungkan

Waktu Yang Tepat Investasi Emas Batangan Antam



Dalam menentukan kapan waktu yang tepat mulai berinvestasi emas batangan antam harus sesuai dengan tujuan utama anda berinvestasi emas. Misal, tujuan anda berinvestasi emas adalah untuk persiapan biaya pendidikan anak selama 3 - 5 tahun kedepan.

Maka waktu investasi yang tepat dilakukan adalah ketika anak masih kecil, sehingga ketika dana itu dibutuhkan nilai investasi tersebut sudah tumbuh.

Namun jika dengan tujuan untuk investasi murni jangka panjang, maka waktu investasi bisa di mulai kapan saja sesuai dengan kemampuan. Bisa dilakukan setiap bulan dengan jumlah atau berat yang kecil tetapi dengan cara bertahap.

Keuntungan Investasi Emas Batangan Antam

Investasi emas mempunyai beberapa keuntungan bagi anda yang menjalankannya antara lain :

Baca Juga

1. Mudah Dijual Kapan Saja



Dibandingkan dengan jenis investasi lain, investasi dalam bentuk emas batangan terbilang lebih fleksibel. Karena anda bisa kapan saja menjual emas ketika anda membutuhkan dana tunai, tanpa proses yang rumit dan dalam waktu yang cepat. Artinya anda lebih bebas menentukan kapan emas dijual atau dicairkan.

Ini jelas menguntungkan bagi anda ketika membutuhkan dana tunai secara mendadak. Entah itu kebutuhan sekolah anak, kebutuhan rumah sakit dan kebutuhan lainnya yang bersifat mendadak.

2. Bebas Dari Pajak



Investasi emas termasuk investasi yang tidak dikenakan pajak, berbeda dengan investasi saham pada sebuah perusahaan yang dikenakan pajak. Jadi memilih investasi emas adalah pilihan yang tepat jika anda menginginkan investasi yang bebas dari pajak.

3. Nilai Kekayaan Anda Terlindungi



Ini merupakan keuntungan yang paling banyak menjadikan alasan seseorang menggunakan emas sebagai investasi. Emas bisa melindungi nilai kekayaan anda dari laju inflasi, justru sebaliknya nilainya akan semakin berkembang dari tahun ke tahun.

Sebagai contoh sederhana saat ini anda mempunyai dana sebesar Rp 120 juta yang rencananya akan digunakan untuk membeli kendaraan seharga Rp 200 juta. Karena masih kurang Rp 80 juta maka dana tersebut anda investasikan untuk membeli emas seberat 200 gram ( Rp 600 ribu per gram ).

Setelah 2 tahun kemudian anda berniat membeli mobil tersebut karena sudah mempunyai kekurangan dana yang Rp 80 juta. Ternyata mobil tersebut harganya sudah naik menjadi  Rp 220 juta, di satu sisi harga emas juga mengalami kenaikan sebesar 20% menjadi Rp 720 ribu per gram.

Artinya saat ini anda mempunyai dana sebesar Rp 80 juta ditambah Rp 144 juta ( hasil jual 200 gram emas ) sehingga totalnya menjadi Rp 224 juta. Sedangkan harga mobil Rp 220 juta, anda masih punya sisa Rp 4 juta.

Coba bayangkan jika saat itu ( 2 tahun yang lalu ) uang anda disimpan di bank bukan untuk membeli emas? pastinya anda tidak akan bisa membeli mobil tersebut karena dana yang dibutuhkan masih kurang.

Jadi itulah penjelasan investasi emas sebagai pelindung nilai kekayaan anda.

4. Harga Emas Cenderung Naik


Seperti yang diketahui bahwa harga emas batangan antam selalu mengalami kenaikan setiap tahunnya, kenaikan ini dipicu dari tingkat inflasi.

Kenaikan harga emas batangan antam setiap tahunnya rata-rata antara 10% - 20%, ini jelas memicu banyak pihak untuk terjun ke dunia invetasi emas batangan antam.


5. Berdiri Sendiri



Investasi emas batangan antam bukanlah investasi yang bergantung terhadap pihak manapun, artinya berdiri sendiri atau bersifat mandiri. Semua bebas anda lakukan mulai dari keuntungan yang diinginkan, waktu jual kapanpun dan dimanapun tidak ada larangan.

Emas juga tidak bergantung pada keputusan pemerintah manapun, artinya seperti apapun keputusan pemerintah harga emas akan tetpa stabil dan terus naik serta menguntungkan.

Dari uraian-uraian di atas bisa anda jadikan sebagai wawasan tambahan serta panduan dalam berinvestasi emas batangan antam. Bijaklah dalam memilih investasi yang tepat dan sesuai dengan kemampuan. Jangan lupakan tujuan utama anda berinvetasi, karena tujuan adalah langkah awal anda memilih investasi yang cocok.



No comments

Powered by Blogger.